Categories
General

Inilah 6 Hal Unik Busana Tradisional Korea Yang Harus Diketahui

Hanbok merupakan busana tradisional Korea sudah menjadi pakaian yang populer. Biasanya sebagian orang hanya mengetahui Hanbok melalui drama kolosal yang menceritakan kerjaan Korea Selatan pada zaman dulu. Namun sekarang ini, cukup mudah untuk mengetahui dan mencoba Hanbok. Banyak tempat wisata yang menyediakan penyewaan busana tradisional ini.

Sebelum mencoba mengenakan busana tradisional ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui hal unik tentang hanbok. Penasaran apa sajakah hal unik dari busana tradisional ini? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

1. Arti Katanya Pakaian Korea

Hal unik dari busana tradisional Korea yang pertama berkaitan dengan arti kata. Hanbok terdiri dari kata Han dan Bok. Han mempunyai arti Korea dan Bok berarti baju. Jika diartikan maka Hanbok adalah pakaian Korea.

Hanbok yang merupakan busana tradisional sudah ada sejak zaman kerajaan dulu. Sekarang hanbok dikenal sebagai kebudayaan Korea yang populer dan tetap terjaga sampai sekarang.

2. Memiliki Sejarah Panjang

Di zaman kerajaan dulu, hanbok merupakan busana harian yang dikenakan oleh semua orang Korea. Jadi, busana tradisional ini tidak hanya dikenakan oleh kaum bangsawan saja. Masyarakat biasa pun juga bisa mengenakan hanbok.

Akan tetapi, hanbok yang dipakai zaman dulu dengan hanbok yang ada di zaman sekarang sangatlah berbeda. Busana tradisional khas Korea di zaman dulu memiliki ukuran yang besar dan longgar saat dipakai. Sedangkan hanbok modern memiliki ukuran yang pas di tubuh saat dipakai.

3. Memiliki Perbedaan pada Setiap Hanbok

Dulu, busana tradisional khas Korea ini memang dikenakan oleh semua kalangan. Namun faktanya, tetap ada perbedaan antara hanbok yang dipakai oleh kalangan atas dan kalangan biasa.

Kalangan atas boleh menggunakan hanbok dengan memilih warna yang bebas. Sedangkan kalangan bawah hanya boleh mengenakan hanbok berwarna putih atau warna yang pucat. Warna dari busana tradisional ini menunjukkan sebuah status. Misalnya seperti hanbok biru tua hanya boleh digunakan untuk wanita yang memiliki anak laki-laki.

Untuk wanita yang sudah bersuami boleh menggunakan hanbok berwarna ungu. Di sebuah acara tertentu, wanita yang belum menikah hanya boleh menggunakan hanbok dengan dominasi warna merah dan kuning.

4. Warna Hanbok Memiliki Makna Tersendiri

Busana tradisional Korea ternyata memiliki makna dalam setiap warnanya. Hanbok berwarna putih menunjukkan makna kemurnian dan kesucian. Hanbok putih ini banyak digunakan masyarakat Korea tanpa memperdulikan status.

Hanbok merah melambangkan suatu keberuntungan dan nasib baik. Biasanya hanbok ini digunakan untuk wanita yang akan menikah. Hanbok berwarna nila memiliki makna suatu ketetapan. Hanbok ini biasanya digunakan oleh pegawai wanita yang bekerja di pengadilan.

Untuk hanbok berwarna hitam mempunyai arti sumber dari pencipta. Biasanya busana tradisional berwarna hitam ini dikenakan saat hadir di upacara kematian. Hanbok berwarna kuning bermakna keluarga kerajaan. Seperti maknanya, hanya keluarga dari kerajaan saja yang boleh mengenakan hanbok warna ini.

5. Desain Hanbok Terbagi Menjadi Dua

Hal unik busana tradisional khas Korea selanjutnya adalah terkait desain. Desain hanbok secara umum terbagi menjadi dua. Ada jeogori yang merupakan bagian bahu, dada, dan lengan. Ada juga chima atau roknya. Biasanya, rok dari busana tradisional ini berukuran sangat lebar dan longgar.

6. Makna Hanbok Sangat Istmewa

Sebagai busana tradisional, hanbok mempunyai makna yang istimewa. Lengan hanbok yang terbuka menunjukkan kehangatan dari masyarakat Korea. Sedangkan rok yang lebar dan longgar menyimbolkan suatu kebebasan dan kemerdekaan dari Korea. Sangat menakjubkan ya maknanya.

Itulah beberapa hal unik busana tradisional Korea yang harus diketahui. Ingat, semakin tahu maka semakin banyak ilmu yang didapat. Sangat menarik kan? Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan tentang Korea ya!