Categories
General

Jenis Karir di Dunia Fashion Yang Jarang Diketahui

Dunia fashion sangat berkembang di seluruh belahan dunia sehingga banyak yang berbondong bondong mempelajari yang berkaitan tentang dunia fashion. Semua orang sangat membutuhkan fashion untuk mempercantik diri agar lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan banyak orang. Di dunia fashion bukan hanya ada desainer, penjahit dan model saja. Sangat banyak potensi karir di dunia fashion yang tidak diketahui. Tergantung dari diri sendiri untuk meningkatkan kualitas diri di dunia fashion saat ini. Ada beberapa jenis karir di dunia fashion yang jarang diketahui banyak orang, sebagai berikut.

1. Garment Technologist

Orang yang menentukan bahan dan alat yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan bahan yang akan dipakai oleh pembeli. Untuk berada di profesi ini bukanlah hal yang mudah namun harus sangat teliti terhadap bahan dan material. Jantung dari sebuah industri fashion yaitu bahan dan material oleh karena itu adanya profesi ini sangat penting. Jika bahan dan material tidak sesuai akan terjadi kegagalan dalam membuat sebuah fashion jika sesuai konsumen akan menyukainya dan membelinya.

2. Trend Analyst

Orang yang menganalisis kejadian dan perubahan perubahan yang ada di dunia fashion sehingga fashion yang akan berjalan tidak ketinggalan jaman. Untuk menjadi trend analyst harus bisa memprediksi model fashion di masa yang akan datang agar tren dunia fashion tetap on. Sehingga konsumen menyukai dan merasa nyaman tentang yang digunakannya sehingga tidak membuat percaya diri berkurang. Semua pekerjaan sangat membutuhkan orang yang menganalisis pekerjaan agar mengetahui kemajuan kemajuan yang ada di dunia pekerjaan termasuk fashion.

3. Product Researcher

Orang yang menguji hasil dari fashion yang telah jadi dan melakukan survei harga dan gaya yang cocok untuk konsumen. Dengan memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen dengan adanya penelitian ini sangat membantu memperbaiki desain dengan harga yang sesuai. Melakukan pengujian seperti ini  dapat mendorong inovasi dari waktu ke waktu dan selangkah lebih maju dari pesaing. Dalam industri fashion sangat penting mengetahui produk tersebut nyaman dan di sukai konsumen sehingga dapat memberikan harga yang mahal.

4. Fashion Forecaster

Orang yang fokus dengan fashion dimasa depan serta bertanggung jawab menarik konsumen dan membantu bisnis ritel dan desainer dalam penjualan merek. Juga dapat memprediksi warna, kain, tekstur, bahan, cetakan, grafis, kecantikan / perawatan, aksesoris, sepatu, gaya jalan yang akan diminati pasar. Fashion yang sudah diprediksi tidak akan langsung dijual ke pasar melainkan ditampilkan di butik sehingga mengetahui kekurangan dari fashion tersebut. Fashion forecaster sangat penting untuk memajukan bisnis fashion dalam waktu yang panjang sehingga model fashion tidak mati gaya.

5. Fashion Writer

Orang yang memiliki pengetahuan fashion dan lalu menulis, melaporkan dan membuat narasi segala trend fashion yang saat ini berkembang. Pengetahuan yang dimiliki fashion writer harus bermula dari sejarah fashion yang ada sehingga kedepannya akan lebih memahami fashion. Sebagai penulis fashion harus benar benar mengetahui fashion saat ini biasa dilakukan dengan wawancara. Yang dituliskan juga harsu sesuai dan unik agar pembaca fashion mengetahui maksud dan perkembangan fashion.

Beberapa jenis karir di dunia yang jarang diketahui sehingga dapat menginspirasi agar perkembangan fashion lebih maju dan unik. Dalam pembuatan fashion tidaklah asal gambar dan membuatnya lalu menjualnya. Harus dengan tahap tahap yang dikuasai oleh ahlinya tersendiri sehingga hasil yang di dapatkan sebagus usaha yang telah dikerjakan. Dari mulai ide lalu gambar menuju penelitian bahan bahan dan survei tentang harga dan gaya bukanlah proses yang mudah dan cepat. Menghasilkan sebuah fashion merupakan kerja keras yang dapat dilakukan oleh orang yang bersemangat, berinovasi serta keinginan belajar yang tinggi.